cover
Contact Name
Astri Ayu Purwati
Contact Email
astriayu90@gmail.com
Phone
+6282283109433
Journal Mail Official
msej.yrpi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Amanah, Kec. Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau - Indonesia
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
ISSN : 27157911     EISSN : 2715792X     DOI : https://doi.org/10.37385/msej
Core Subject : Science,
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, Marketing, Operational, and other management areas) and entrepreneurship. First publish in Januari 2020. The Editorial Team invites scientists, scholars, professionals, and researchers to publish the results of their research after the selection of manuscripts, with the peer review and the editing process.
Articles 70 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 5 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal" : 70 Documents clear
Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pekanbaru Reni kosvera; Zulfadil Zulfadil; Tri Sukirno Putro
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 5 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i4.574

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja non fisik dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan. Analisis pengaruh lingkungan kerja non fisik dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja pegawai. Dan dengan menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai, dalam penelitian ini populasi statistik adalah 50 pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan sampel penelitian ini adalah 50 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dan metode pengumpulan datanya adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi mempengaruhi kepuasan kerja. Lingkungan kerja non fisik mempengaruhi kepuasan kerja. Budaya organisasi mempengaruhi kepuasan kerja. Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Lingkungan kerja non fisik berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja. Budaya perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja.   Kata Kunci : Lingkungan Kerja Non Fisik, Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja Dan Kinerja
Pengaruh Karakteristik Individu dan Evaluasi Kinerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Ben Golan Berkarya Medan Chrestella Chrestella; Syawaludin Syawaludin; Aidil Putra; Thomas Sumarsan Goh
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 5 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i5.893

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik individu dan evaluasi kinerja terhadap kepuasan kerja PT. Ben Golan Berkarya Medan. Variabel bebas terdiri dari karakteristik individu, evaluasi kinerja. Variabel dependen adalah variabel kepuasan kerja. Dalam penelitian ini digunakan metode purposive sampling. 36 karyawan PT. Ben Golan Berkarya Medan sebagai sampel. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner diisi langsung oleh responden. Analisis yang digunakan untuk menjawab hipotesis dan rumusan masalah adalah analisis regresi bertahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik individu dan evaluasi kinerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja.  Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik individu dan evaluasi kinerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan besaran pengaruhnya sebesar 83.5% sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka dengan perolehan hasil yang telah di uji oleh data SPSS versi 25 mengungkapkan bahwa semakin baiknya karakteristik individu dan evaluasi kinerja yang ada di perusahaan tersebut maka akan semakin baik kepuasan kerja di PT. Ben Golan Berkarya Medan. Kata Kunci : Karakteristik Individu, Evaluasi Kinerja, Kepuasan Kerja.
Strategi Branding Dan Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Di Gudang Warior Bandung Farhan Shafrudin; Fajar Sidik; Prihartono Prihartono
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 5 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i4.926

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh strategi branding dan bauran pemasaran terhadap minat beli ulang di Gudang Warior Bandung. Metode penelitian yang dipakai pendekatan kuantitatif, uji pengaruh, uji hipotesis menggunakan aplikasi output SPSS V.26. Kuesioner dalam bentuk googleform disebarkan pada 70 respoden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi branding dan bauran pemasaran memiliki dampak signifikan terhadap minat beli ulang Gudang Warior Bandung yakni secara parsial dengan hasil uji t hitung 2,405 > t tabel 1,998 untuk Variabel strategi branding sedangkan untuk hasil variabel strategi bauran pemasaran dengan hasil t hitung 10,374 > t tabel 1,998. Dan secara simultan bahwa strategi branding dan bauran pemasaran memiliki pengaruh terhadap minat beli ulang di gudang warior Bandung yakni sebesar Fhitung 1919,8342 > Ftabel 3,395. Kata kunci : Branding, Bauran pemasaran, Minat Beli Ulang
Pengaruh Akuntansi Pertanggungjawaban Terhadap Penilaian Kinerja Karyawan Pada PT. Pos Indonesia Maulidin Maulana; Asep Adi Firmansyah; Widwi Handari Adji
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 5 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i4.931

Abstract

Penelitian ini dituju untuk menelaah pengaruh Akuntansi Ppertanggungjawaban guna menilai Kinerjaa Karyawan di PT. Pos Indonesia (Perserro) Bandung. Metodee yang dipakai dalam penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif. Metode random sampling yang dipakai untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini yang melibatkan 30 orang pegawai di PT. Pos Indonesia Bandung bagian SBU Landing and Saving. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresii linier sederhana yang didalamnya juga melakukan uji validasi, uji reliabilitas, koefisien determinasi, uji asumsi klasik dan uji hipotesa. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai koefisien regresi linear sederhana sebesar 0.752 yang memiliki arti bahwasannya variabel akuntansi pertanggungjawaban berpengaruh secara positif dan akuntansi pertanggungjawaban berpengaruh signifikan atas penilaian kinerja karyawan ini ditunjukan dengan hasil uji t dengan nilai signifikan 0.013 > 0.05 dengan nilai dari t hitung dengan skor 2.665 > dari skor t tabel 1.701, ini memiliki arti jika penerapan akuntansi pertanggungjawaban (X) semakin baik dipakai maka kinerja karyawan (Y) akan semakin meningkat.
Pengaruh Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja Melalui Work Engagement Terhadap Kinerja Karyawan Kantor Pos Cabang Utama Surabaya 60000 Rhegita Arrum Syafitri; Endang Iryanti
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 5 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i4.969

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah disiplin kerja dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan melalui work engagement sebagai variabel intervening. Sampel penelitian ini terdiri dari 60.000 pegawai tetap Kantor Pos Cabang Utama Surabaya yang berjumlah 99 orang, dengan menggunakan metodologi sampling jenuh. Penyebaran kuesioner kepada personel di Kantor Pos Cabang Utama Surabaya 60000 menghasilkan data dan informasi untuk penelitian ini. Dengan menggunakan uji reliabilitas, uji validitas, dan uji hipotesis, pendekatan Partial Least Square (PLS) digunakan dalam analisis penelitian ini. Menurut temuan penelitian ini, disiplin kerja mempengaruhi kinerja karyawan melalui keterlibatan kerja. Work Engagement berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan sebagai hasil dari Kepuasan Kerja.Kata kunci : Disiplin Kerja, Kepuasan Kerja, Work Engagement, Kinerja Karyawan
Pengaruh Service Quality Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih Persalinan Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Zainab Pekanbaru Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi Armelia Rahmasari; Gatot Wijayanto; Sri Endang Kornita
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 5 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i5.984

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap keputusan pasien dalam memilih persalinan di rumah sakit ibu dan anak zainab pekanbaru dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 70 pasien yang pernah melahirkan lebih dari satu kali untuk periode 2018-2020 sebagai sampel. Alat analisis data yang digunakan adalah pemodelan persamaan struktural (sem) dengan menggunakan program pls (partial least square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pengaruh langsung, terdapat pengaruh positif variabel citra merek terhadap kepercayaan, kualitas layanan terhadap keputusan pemilihan pengiriman, citra merek pada keputusan pemilihan pengiriman dan kepercayaan pada keputusan pemilihan pengiriman, namun ada adalah hasil dari pengaruh substansial pada variabel kualitas layanan pada kepercayaan. Pada pengaruh tidak langsung terdapat pengaruh positif variabel citra merek terhadap keputusan pemilihan persalinan dengan mediasi kepercayaan, tetapi pengaruh negatif variabel kualitas pelayanan terhadap keputusan pemilihan persalinan dengan kepercayaan sebagai mediasi. Kata Kunci : Kualitas Layanan, Citra Merek, Kepercayaan, Purposive Sampling
Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Pedagang Di Pasar Banyuasri Singaraja Ni Wayan Novi Budiasni; Ni Kadek Ayu Trisnadewi; Kadek Indrawan
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 5 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i5.990

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari literasi keuangan, perilaku keuangan serta inklusi keuangan terhadap kinerja keuangan pada pedagang di Pasar Banyuasri Singaraja. Teknik pengambilan sampel menggunakan teori Roscoe yang mendapatkan hasil 75 responden yakni pedagang di Pasar Banyuasri Singaraja. Penelitian ini menggunakan model persamaan struktural (Structural Equation Modelling –SEM) berbasis variance, yang disebut Partial Least Square (PLS) 3.0 dalam analisisnya. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa literasi keuangan perilaku keuangan dan inklusi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan pedagang di Pasar Banyuasri Singaraja. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pengelola Pasar Banyuasri dan pemerintah dalam mendukung peningkatan kinerja keuangan pedagang pasar tradisional. Kata Kunci : literasi keuangan, perilaku keuangan, inklusi keuangan, kinerja keuangan
Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Mainan Anak-Anak Di Excellent Group Canranto Sianturi; Prihartono Prihartono
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 5 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i4.1001

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengenal fungsi strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan serta mengembangkan Excellent Group. Penelitian ini memakai metode kuantitatif yang dilaksanakan dari tanggal 8 agustus 2022 sampai diterima 22 agustus 2022 dan data dikumpulkan dan dikelolah di SPSS 25. Bauran pemasaran dan tingkat penjualan di Excellent Group dijadikan sebagai objek penelitian. Pengambilan sampel responden diambil dari seluruh populasi penelitian, yang terdiri dari 200 warung/toko. Teknik pengumpulan data dilangsung dengan kuesioner, observasi, dan wawancara, serta studi pustaka. Adapun dalam penelitian ini analisis data memakai uji validitas, dan analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dilangsukan secara uji t, uji f, serta secara koefisien deteminasi. Dari analisis data diperoleh bahwa bauran pemasaran bernilai positif atau memiliki pengaruh positif dan signifikansi terhadap tingkat penjualan mainan anak-anak di Excellent Group. Dalam pengujian yang lebih dominan berpengaruh dan lebih signifikan terhadap tingkat penjualan mainan anak-anak di Excellent Group, yaitu bentuk fisik. Penjualan Excellent Group akan tetap meningkat jika tetap memperhatikan strategi bauran pemasarannya, mulai dari yang lebih dominan dan signifikan, yaitu bentuk fisik, produk, orang, tempat, promosi, harga, dan proses
Pengaruh Stres Kerja Dan Etos Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Greenex Sumatera Mandiri Medan Eda Judith; Syawaluddin Syawaluddin; Elcy Handayani Pramita; Thomas Sumarsan Goh
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 5 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i4.1002

Abstract

Greenex Sumatera Mandiri merupakan sebuah perusahaan yang berdiri pada tahun 2010 dan bergerak dalam bidang usaha trading natural rubberdengan pembeli dari berbagai produsen, baik produsen ban, produsen busa latex, dan produsen berbahan dasar karet lainnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi pada penelitian sebanyak 36 karyawan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh.Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel stres kerja dan etos kerja terhadap produktivitas kerjakaryawan PT. Greenex Sumatera Mandiri. Sedangkan secara parsial ditemukan variabel stres kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Greenex Sumatera Mandiri. Secara parsial ditemukan variabel etos kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Greenex Sumatera Mandiri. Kata Kunci: Stres Kerja, Etos Kerja, Produktivitas Kerja
Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pengguna Blibli.Com (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Prima Indonesia Medan) Lola Valimsya; Januardin Januardin; Herley Avrialdo Sianturi; Rudi Rudi
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 5 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i4.1004

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh bertepatan dengan pertumbuhan zaman. Dengan mobilitas yang tinggi setiap harinya masyarakat memiliki kultur yang serba instan.Ini karena ada banyak perusahaan yang menawarkan layanan bermanfaat kepada masyarakat umum. Setiap industri menawarkan keistimewaan kepada konsumen sehingga mereka dapat terus mendapatkan keuntungan. Sistem penetapan harga konsumen yang lebih terjangkau, bermanfaat, dan menguntungkan menghasilkan lebih banyak keuntungan bagi bisnis. Karena ini, perkembangan teknologi informasi sangat di perlukan metode penjualan suatu perusahaan karena dalam pertumbuhan zaman yang menuntut kecepatan dalam segala aspek. Blibli.com merupakan salah satu perusahaan yang ikut bersaing. Tujuan penelitian ini agar menganalisis pengaruh Brand image dan trust terhadap Brand loyalty terhadap pengguna blibli. Penelitian ini menggunakan penelitian kuanlitatif, jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang mengunakan rumus slovin sebanyak 98 pelanggan dan 30 pelanggan untuk pengujian validitas. Hasil penelitian menjukkan bahwa brand image dan Brand trust berpengaruh positif dan sugnifikan atas brand loyalt Loyalitas merek di kalangan pengguna blibli.com dipengaruhi secara positif oleh citra merek dan kepercayaan.